Bendera dan Lambang

Bendera Akademi Kebidanan Bhakti Kencana Mataram berwarna biru, di tengahnya logo akademi kebidanan berwarna dasar kuning. Maka lambang Akademi Kebidanan Bhakti Kencana Mataram yaitu :

 

1.   Segi Lima

Menunjukkan lima pilar ajaran agama yang kokoh melambangkan kepercayaan, dengan pancaran nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

 

2.   Warna Dasar Biru

Melambangkan kepercayaan, kekuatan yang tinggi serta profesionalisme dalam pelaksanaan tugas yang sesuai dengan profesi dalam suatu instansi.

 

3.   Warna Kuning

Menunjukkan kesiapan dan kedewasaan, melambangkan kesiap-siagaan dan kemampuan seorang bidan dalam memberikan pengabdiannya kepada nusa bangsa dan agama, dengan dilandasi oleh pelayanan yang luhur, tulus, dan ikhlas, serta profesional dalam membantu dan menolong masyarakat.

 

4.   Lembaran Buku dan Pena Obor

Menunjukkan belajar, cerdas dan cendekiawan. Melambangkan tidak pernah berhenti belajar agar menjadi seorang bidan yang cerdas pintar terampil dan profesional dalam menangani masalah dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

5.   Api Obor

Menunjukkan pancaran sinar api yang tak pernah padam. Melambangkan pemberian penerangan, penyuluhan, pencerahan yang selalu diberikan oleh seorang bidan kepada masyarakat, tanpa mengenal berhenti.

 

6.   Tanda Palang Hijau di Atas Api Obor

Menunjukkan kesehatan. Melambangkan institusi kesehatan yang harus dijunjung tinggi dan dihormati sebagai tempat pengabdian yang luhur bagi seorang bidan.

 

7.   Padi dan Kapas

Menunjukkan makanan dan pakaian. Melambangkan kesejahteraan lahir batin (sandang, pangan, dan papan) yang harus dimiliki dan dinikmati oleh seorang bidan atas hasil jerih payah pengabdiannya yang telah ditunaikan.

 

8.   Akademi Kebidanan Bhakti Kencana

Sebuah perguruan tinggi swasta, tempat menempa diri, mencari ilmu, pengetahuan dan keterampilan khususnya di bidang kebidanan.

 

9.   Mataram

Tempat, lokasi wilayah. Lembaga pendidikan Akademi Kebidanan Bhakti Kencana bertempat di kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat