Sejarah Singkat Akademi Kebidanan Bhakti Kencana Mataram

Berdirinya Akademi Kebidanan Bhakti Kencana Mataram berawal dari Akademi Kebidanan Bhakti Kencana Taliwang melalui kerja sama antara Yayasan Adhi Guna Kencana Nusa Tenggara Barat dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khususnya bidan-bidan desa.

Melihat kondisi Kabupaten Sumbawa Barat di bidang Kesehatan khususnya tenaga bidan sebagian besar hanya memiliki pendidikan D-I Kebidanan. Maka dari itu Yayasan Adhi Guna Kencana cabang NTB di ilhami / tergerak untuk membantu khususnya di bidang kesehatan yaitu membangun Akademi Kebidanan di Mataram dalam rangka menyongsong Indonesia sehat 2010, dengan demikian Yayasan Adhi Guna Kencana NTB memulai proses pendirian Akademi Kebidanan Bhakti Kencana Mataram dengan melaksanakan atau melengkapi dokumentasi yang diperlukan dalam rangka Visitasi Provinsi dan Visitasi pusat (Dikti) :

1.    Tanggal 21 Maret Tahun 2007 Visitasi Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

2.    Tanggal 24 April 2007 Visitasi oleh Dikti.

Atas hasil Visitasi yang dilakukan oleh Provinsi atau Dikti tersebut sehingga pada tanggal 3 Agustus terbitlah Ijin dari Dikti No. 140/D/0/2007 tentang pemberian ijin penyelenggaraan Program Studi Pendirian Akademi Kebidanan Bhakti Kencana Mataram.

Pada tahun 2007 kegiatan perkuliahan dan praktikum D-III Kebidanan Bhakti Kencana Mataram dilaksanakan di kompleks ruko pertokoan Airlangga Mataram. Pada tahun 2009 kegiatan perkuliahan dilaksanakan di SMA Al Ma'rif Mataram. Pada tahun 2010 Akademi Kebidanan Bhakti Kencana Mataram memiliki gedung sendiri di daerah Pagutan, Jalan R.M. Panji Anom No. 28 Pagutan Timur. Kemudian pada tahun 2013 gedung Akademi Kebidanan Bhakti Kencana Mataram di pindah ke Ampenan, Jalan Sultan Salahudin No. 32 Tanjung Karang Ampenan.

Sepanjang perjalanan sejarahnya, Akademi Kebidanan Bhakti Kencana Mataram telah banyak melakukan langkah-langkah ke arah pengembangan dan peningkatan. Di antaranya mengadakan aplikasi dan kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Provinsi NTB, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, BKKBN Provinsi NTB, STIKES Bhakti Kencana Bandung, Rumah Sakit Bhayangkara, RSU Kota Mataram, Puskesmas se-Kabupaten Lombok Barat, Puskesmas se-Kota Mataram, Puskesmas se-Kabupaten. Lombok Tengah, Puskesmas se-kabupaten Lombok Utara.

Dalam usianya yang ke-7 (Tahun 2007 - 2013), Akademi Kebidanan Bhakti Kencana Mataram telah mengalami perkembangan. Tenaga pengajar pada saat ini berjumlah 42 orang, yang terdiri dari Dosen tetap berjumlah 13 orang, yang bergelar S2 berjumlah 3 orang, yang bergelar S 1/D4 berjumlah 8 orang, dan 2 orang sedang melanjutkan sekolah D4. Sedangkan dosen tidak tetap berjumlah 29 orang yang bergelar S2 berjumlah 16 orang, S1/D4 berjumlah 13 orang.

Sejak berdirinya hingga sekarang, Akademi Kebidanan Bhakti Kencana Mataram telah mengalami 4 kali pergantian pimpinan (Direktur), seperti yang tercantum di bawah ini:

1.   Pada tahun 2007 - 2008 , di pimpin oleh Sudaryanto, S.KM., SE., MA.

2.   Pada tahun 2008 2009 , di pimpin oleh dr. H. Muhamad Aminuddin

3.   Pada tahun 2009 2010 , di pimpin oleh Ni Luh Budi Astuti, S.ST.,M.M.

4.   Pada tahun 2011 sekarang , dipimpin oleh Hj Nurmalasari, S.ST.,M.Mkes.